Daya Tarik, Rute dan Kegiatan Wisata di Gua Macan Sampang

Diposting pada

Copy of IMG 1153

Wisata Gua Macan yang ada di Sampang menjadi rekomendasi Kami khususnya untuk para pecinta alam atau traveler yang gemar berkunjung ke wisata yang masih alami dan asli. Wisata berupa gua ini memang terbilang masih baru, karena memang baru ditemukan oleh masyarakat sekitar lokasi gua.

Memiliki lokasi hanya berjarak sekitar 5 km dari kantor camat, membuat lokasi ini mudah untuk diakses meski berada di dataran yang agak tinggi.

Daya Tarik, Rute dan Tiket Masuk Wisata Gua Macan Sampang

Seperti pemandangan gua yang lainnya, gua ini memiliki pesona berupa deretan stalaktit yang mempesona meski ruang dalam gua tidak begitu luas namun masih cukup nyaman untuk menikmati keindahan yang ada di dalamnya. Selain itu, gua ini memiliki kedalaman gua hingga berjarak sekitar 100 meter sehingga kerap kali menjadi objek kegiatan susur gua yang banyak dilakukan oleh para pecinta alam.

Lokasi wisata gua yang berada di desa Bira Temor, kecamatan Sokobanah, kabupaten Sampang Jawa Timur ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona semua pengunjung yang datang kesana. Anda bisa berfoto di spot yang menarik dan instagrammable yaitu dengan pemandangan bebatuan eksotis yang berderet di sepanjang dinding Gua Macan.

Untuk masuk ke dalam wisata gua ini Anda tak dikenai biaya sepeser pun alias tiket masuk gratis. Daya tarik gua ini diantaranya adalah :

  1. Hiasan stalaktit dan stalakmit yang berada di bagian depan gua sehingga sekilas pengunjung wisata akan melihatnya seperti mulut macan yang tengah menganga
  2. Jika didengarkan dengan seksama, maka Anda akan mendengarkan seperti alunan sebuah musik yang berasal dari tetesan air dari atap gua
  3. Air yang berasal dari gua banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mengairi tanaman yang mereka tanam diantaranya adalah tanaman Cabe Jamu
  4. Batu stalaktit adalah jenis zat mineral sekunder yang dikenal dengan nama ilmiah speleothem yang didapati menggantung di kebanyakan langit gua kapur. Sedangkan untuk stalakmit, adalah jenis batuan yang terbentuk secara alami di lantai gua dari tetesan air berasal dari langit-langit gua.
  5. Banyak penduduk sekitar tempat wisata yang menceritakan awal mula nama Gua ini diberi nama Macan karena sering mendengar auman seekor macan dari dalam gua tersebut. Meski sampai sekarang masih belum ditemui adanya binatang buas tersebut di dalam maupun sekitar gua.
BACA JUGA  Monumen Trunojoyo Sampang Destinasi Wisata Seru

Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan di Gua Macan

Untuk Anda yang penasaran dengan wisata Gua Macan yang satu ini, Anda perlu mengetahui jenis kegiatan apa saja yang bisa dilakukan jika berkunjung ke objek wisata gua yang ada di kawasan Sampang Madura ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

– Menikmati pemandangan alam di dalam maupun luar gua yang terlihat unik dan menarik

– Berpetualang untuk menyusuri gua untuk menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alamiah karena perubahan alam

– Menikmati hembusan angin yang sejuk khas udara dalam gua sembari mendengarkan keheningan yang menenangkan di dalamnya

Jika Anda berkunjung kesana, ada baiknya untuk membawa pemandu wisata karena rute perjalanannya yang cukup sulit untuk diakses. Namun merupakan objek wisata yang cukup menantang untuk dikunjungi oleh Anda khususnya para petualang yang menyukai wisata yang bisa memacu adrenalin Anda. Sekian informasi singkat tentang Gua Macan di Sampang Madura dan selamat berlibur.