Daya Tarik Nasi Kobel, Makanan Khas Sampang yang Menggambarkan Harapan

Diposting pada

Sampang, Madura dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menyediakan ratusan hidangan lezat. Ada cukup banyak makanan khas Sampang yang cukup menarik perhatian, salah satunya adalah Nasi kobel.

Jika mendengar namanya, banyak yang langsung menyadari bahwa makanan khas ini merupakan makanan berat yang terbuat dari nasi. Bukan sekedar nasi biasa, makanan lezat ini ternyata memiliki cukup banyak daya tarik yang membuat banyak kalangan tergiur untuk mencoba hidangan ini.

Pesona Nasi Kobel

Saat berlibur ke wilayah tertentu di Indonesia, makanan khas dari berbagai wilayah tersebut kerap menjadi daya tarik utama. Beberapa kalangan bahkan rela jauh-jauh datang ke sebuah daerah hanya untuk mencicipi makanan khas dari daerah tersebut.

Hal ini juga banyak dilakukan oleh wisatawan yang berlibur ke Sampang. Sampang yang dikenal memiliki banyak hidangan lezat membuat berbagai kalangan menjadwalkan liburannya ke Sampang untuk menikmati makanan-makanan khas yang ada di Sampang.

 

Menjadi salah satu makanan khas yang banyak direkomendasikan bagi wisatawan yang akan berlibur ke Sampang. Lantas apa daya tarik dan pesona yang dimiliki oleh hidangan ini ? Berikut ulasannya.

Rasa Lezat Nasi Kobel yang Tak Terlupakan

Daya tarik pertama dan yang paling utama dari makanan khas Sampang ini adalah rasa lezat yang dimilikinya. Jika Anda mencari foto-foto dari hidangan ini, Anda pasti akan menyimpulkan bahwa nasi ini sama dengan nasi timbel pada umumnya.

Namun jika Anda membeli nasi kobel di Sampang, Anda akan menyadari lezatnya rasa nasi ini sangat berbeda dengan nasi timbel biasa. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang ini ternyata telah lebih dulu dicampur dengan parutan kelapa.

BACA JUGA  Rekomendasi Makanan Khas Surabaya Paling Enak

Parutan kelapa yang dicampurkan dengan nasi ini juga terlebih dahulu dipanggang di atas cobek. Setelah nasi dicampur dengan parutan kelapa, nasi kemudian dibungkus menggunakan daun pisang bersama dengan beberapa side dish seperti sambal buje cabibih, serta ikan laut. Saat ini, nasi ini juga kerap kali disajikan dengan beberapa side dish lain seperti telur.

Dengan berbagai komponen yang ada pada “nasi timbel” ini, maka Anda akan merasakan betapa lezatnya nasi khas Sampang ini. Kelezatannya bahkan lebih terasa jika Anda mengonsumsinya saat nasi masih hangat.

Kisah Awal Mula Kemunculan yang Menyentuh

Sebuah makanan khas biasanya muncul karena adanya kisah di baliknya. Kisah dibalik sebuah makanan khas juga kerap kali menarik perhatian berbagai kalangan. Nasi ini juga ternyata memiliki kisah menyentuh yang melatarbelakangi ketenarannya.

Dahulu kala, nasi ini kerap kali dibuat oleh istri nelayan sebagai bekal bagi para suaminya yang akan melaut. Nasi ini juga menjadi simbol harapan dari para istri nelayan agar suaminya segera pulang setelah selesai melaut.

Nama kobel pada nasi ini juga tidak disematkan secara sembarangan. Kobel sendiri merupakan singkatan dari ‘Korang Abhelih’ yang berarti “kalau kurang silahkan kembali lagi”.

Kisah awal mula adanya nasi kobel ini juga menjadi salah satu alasan mengapa hidangan ini banyak ditemukan di daerah pesisir pantai di wilayah Sampang. Anda akan menemukan cukup banyak penjual nasi ini jika Anda berwisata ke daerah pesisir Sampang.

Itulah beberapa pesona yang dimiliki oleh nasi khas Sampang yang diberi nama kobel ini. Meski makanan ini bisa Anda temukan di seluruh wilayah Sampang, namun rasanya yang khas akan terasa semakin lezat jika Anda membelinya di wilayah pesisir.

BACA JUGA  Nikmati Wisata Kuliner Surabaya Dekat Tunjungan Plaza yang Tak Terlupakan Berikut Ini!

Menikmati nasi kobel khas Sampang sembari menikmati pemandangan di wilayah pesisir akan memberikan kesan yang berbeda dalam liburan Anda. Kelezatannya akan membuat Anda betah liburan di Sampang.