Campor Lorjuk Makanan Khas dan Legendaris di Pamekasan

Diposting pada

Pamekasan, merupakan sebuah kabupaten di pulau Madura. Pamekasan juga dikenal memiliki warisan kuliner dengan cita rasa unik dan sudah melegenda sejak lama. Setiap kulinernya memiliki ciri khas, membuat kuliner Pamekasan tidak bisa ditemukan dimana-mana seperti campor Lorjuk ini.

Wisata kuliner khas Madura terdiri dari rempah-rempah dan dari campuran bahan-bahan unik. Karena bumbu khasnya inilah yang membuat makanan khas Madura semakin menggugah selera.

Nah, rasanya tidak lengkap jika kamu berkunjung ke Pamekasan tanpa mencicipi makanan khas Madura, campor lorjuk.

Campor Lorjuk

Masyarakat di kabupaten Berjargon, kabupaten Gerbang Salam campor lorjuk merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi. Lorjuk dikenal oleh masyarakat berupa kerang berbentuk panjang dan berwarna hijau seperti bambu.

Kerang bambu yang dikenal sebagai Lorjuk, jika diolah akan menjadi camopr lorjuk Kan menjadi makanan yang sangat menggugah selera dan lezat bagi penikmatnya. Makanan khas Pamekasan, Madura ini dibandrol dengan harga yang murah yakni hanya 10rb/porsi.

Sekilas campor lorjuk terlihat seperti soto, tapi soto dengan bahan Lorjuk.  Lorjuk terdiri dari Mie soun, irisan lontong, kacang, kecambah goreng, remahan peyek yang disiram dengan kuah campor lorjuk dan ditambahkan Lorjuk yang sudah matang di atasnya sebagai topping.

Kuah gurihnya yang berasal rebusan Lorjuk, menjadikannya gurih secara alami tanpa perlu menambahkan bumbu penyedap lainnya. Tapi, kuah rebusan ini ditambakan dengan cabe merah, merica, bawang merah, pala, jahe, garam, dan bawang putih.

Tidak hanya itu, kuah Lorjuk juga dipadukan dengan petis lorjuk. Petis lorjuk sangat terkenal dimasyarakat Madura karena adanya yang asin am gurih begitu pas. Bisanya makanan ini disediakan untuk orang-orang yang dianggap penting.

BACA JUGA  Wisata Pantai Batu Kerbuy

Tapi sekarang, kamu bisa menikmati makanan ini dengan cara berkunjung ke Pamekasan. Nah, salah satu tempat makan yang menyediakan campor lorjuk terkenal ini berada di dekat pantai Jumiang.

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang dimiliki oleh pemerintah Pamekasan. Di desa Majungan, kec. Pademawu, kab. Pamkesan. Perpaduan antara pemandangan pantai dan olahan Lorjuk ini, seolah menjadi spot yang tepat bagi para turis.

Tentu ini menjadi nilai tambah dan seringkali membuat banyak orang ketagihan untuk kembali ke tempat ini. Karena campor lorjuk hanya ada di daerah ini, jadi sangat sulit menemukannya di tempat lain.

Tidak hanya itu, Pamekasan juga memiliki makanan khas lainnya seperti di bawah ini.

  1. Sate Lalat

Pasti kamu merasa jijik mendengarnya. Tapi jangan salah, makanan ini merupakan makanan khas dari Madura. Meski namanya sate lalat, bahan makanan ini terbuat dari ayam dan daging kambing. Ayam dan daging kambing dipotong-potong kecil hingga terlihat seperti lalat.

  1. Kuah Kokot

Makanan melegenda selanjutnya, kuah Kokot. Jika kamu punya kaki sapi jangan terburu-buru ngolahnya menjadi sop atau dibuat kuah bakso. Kamu bisa mengolahnya menjadi kuliner menggugah selera dari Madura.

Kaki sapi dan kikil sapi dapat diolah menjadi kaldu yang lezat. Nah, di Madura makanan ini dikenal kuah Kokot. Kokot sendiri memiliki arti kikil dalam bahasa Madura. Cara membuatnya juga sangat mudah, bahkan bisa kamu buat di rumah.

Nah, itulah informasi terkait campor lorjuk, makanan khas dari Pamekasan yang hanya berada di daerah Pademawu tepatnya di pantai Jumiang. Perpaduan yang sangat pas dan bisa memanjakan mata.

BACA JUGA  Nase' Jhajan, Makanan Khas Pamekasan Bikin Ketagihan