Bukit Kapur Arosbaya: Surga Yang Tersembunyi Di Madura

Diposting pada

Mungkin Anda akan terdengar sedikit asing dengan destinasi wisata Bukit Kapur Arosbaya. Salah satu destinasi wisata yang disebut sebagai surga tersembunyi dari Madura ini wajib untuk Anda coba kunjungi. Penasaran apa saja yang ada di Bukit Arosbaya, intip apa saja yang membuatnya menjadi begitu istimewa.

Lokasi Serta Keunikan Bukit Kapur Arosbaya

Lokasi destinasi wisata yang di katakan tersembunyi adalah Bukit Kapur Arosbaya. Berada di sebuah Desa Plalangan, Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura. Jika menghitung jarak Anda dari jembatan Suramadu  menuju Bukit Kapur Arosbaya ini sekitar 28 – 30 km.

Banyak orang yang telah mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya ini mengatakan jika tempat ini mirip dengan Grand Canyon versi mini dari Indonesia. Tidak salah jika banyak pengunjung yang akan mengatakan hal seperti itu. Karena, jika Anda ingin mengetahui bukit ini maka Anda akan mengetahui bahwa awalnya adalah karang kokoh, kemudian ditambang dan kemudian dipasarkan sedikit demi sedikit selama puluhan tahun lamanya. Setelah itu, jadilah bukit kapur yang mempunyai guratan-guratan alam dan sangat eksotis.

Selain itu, Bukit ini memiliki batuan kapur berwarna merah. Ditambah dengan banyaknya semak belukar dan perdu di sekitarnya, membuat Bukit Kapur ini pun menjadi lebih sejuk dibandingkan Bukit Jaddih. Apalagi jika Anda datang di waktu pagi, maka Anda akan dapat melihat gua-gua eksotis yang nantinya disinari terik matahari pagi serta bisa menyaksikan stalaktit dan stalagmit di gua yang seringkali masih meneteskan air.

BACA JUGA  Tambak Garam Wisata Populer Sampang

Akses Dan Tiket Masuk Bukit Kapur Arosbaya

Akses Jalan

Akses menuju ke Bukit  cukup mudah. Anda mungkin juga mengenal situs religi makam para Raja Bangkalan “Air Mata Ibu”. Ini masih berkaitan karena Bukit terletak tidak jauh dari situs religi ini. Untuk mencapai tempat ini, ada dua cara, yakni dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika Anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, maka dari jembatan Suramadu, Anda bisa langsung menuju kota Bangkalan. Setelah itu dilanjutkan ke kecamatan Arosbaya. Kemudian ikuti petunjuk menuju makam Air Mata Ibu. Lalu Anda bisa cari jalan kecil di sebelah kanan komplek pemakaman tersebut. Terakhir, ikuti jalan hingga Anda akan tiba di Bukit.

Jika Anda hendak menggunakan angkutan umum, maka naiklah angkutan L300 dari arah pelabuhan Kamal yang menuju kecamatan Arosbaya dengan kisaran biaya angkutan Rp 15.000,- per orang. Kemudian itu, naiklah angkutan umum yang mengarah ke kawasan situs religi makam Air Mata Ibu. Maka, tidak jauh dari sana Anda akan jumpai Bukit sebagai objek wisata.

Tiket Masuk

Untuk harga tiket dan parkir di Bukit  ini Anda tidak harus merogoh kocek mahal. Anda hanya perlu menyediakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- /orang dengan uang parkir motor Rp 3.000,-  serta parkir mobil Rp 10.000,- .

Tips Untuk Pergi Ke Bukit Kapur Arosbaya

Jika Anda memilih untuk berwisata ke Bukit  ini dengan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya Anda memarkirkan mobil dekat gerbang makam Air Mata Ibu. Jangan lupa juga untuk membawa minuman sendiri agar tidak kehausan saat harus berkeliling kawasan Bukit Kapur Arosbaya.

Jika Anda  lupa, tidak ada masalah sebenarnya karena banyak pedagang yang berkeliling di sekitar bukit. Namun Anda perlu berhati-hati ketika  memasuki kawasan bukit ini karena Anda akan melewati tangga yang curam.

BACA JUGA  Rekomendasi Wisata Pantai Camplong yang Menyenangkan

Demikian destinasi wisata Bukit Kapur Arosbaya yang menjadi destinasi tersembunyi di alam Kota Bangkalan, Madura. Anda wajib mengunjungi wisata ini jika main ke Kota Bangkalan ya.