Bikin Nagih, Kuliner Soto Sumenep yang Cocok Untuk Menu Sarapan

Diposting pada

Sumenep tidak hanya terkenal dengan objek wisatanya saja, melainkan juga memiliki beberapa kuliner khas yang rekomended. Bahkan terdapat beberapa kuliner soto Sumenep yang khas dan unik, serta rasanya yang lezat bisa membuat lidah bergoyang.

Sebenarnya tidak hanya soto yang menjadi kuliner khas di Daerah Sumenep, melainkan ada banyak kuliner khas nan unik. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mencicipi berbagai macam kuliner soto yang bisa membuat wisatawan ketagihan.

3 Kuliner Soto Sumenep yang Unik dan Lezat

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal bahkan sering menemui kuliner yang bernama soto di berbagai daerah. Akan tetapi, soto di masing-masing daerah memiliki tampilan sajian yang berbeda sebagai ciri khas daerah tersebut.

Biasanya soto yang orang jumpai atau buat menggunakan topping su’un, ayam suwir atau utuh lengkap dengan kuah bening yang segar. Berbeda dengan soto khas Sumenep yang menggunakan kuah santan hingga bumbu kacang yang unik tetapi lezat sehingga membuat orang ketagihan.

1.     Kuliner Soto Sumenep Sabreng

Kuliner soto yang cocok sebagai menu sarapan adalah soto sabreng yang sudah terkenal di berbagai daerah dan melegenda hingga sekarang. Pasalnya, soto sabreng ini memiliki tampilan yang unik serta berbeda dengan soto pada umunya.

Soto satu ini merupakan soto babat yang menggunakan kuas soto bercampur dengan bumbu kacang dari kacang tanah yang dihaluskan. Bahkan dalam soto sabreng juga terdapat singkong rebus sebagai topping dan lontong bukan nasi.

Proses pembuatan bumbu kacang bermula dengan menghaluskan kacang tanah lalu mencampurnya dengan petis ikan serta bumbu lain. Tidak heran jika soto sabreng terkenal sebagai kuliner soto Sumenep yang unik dan bikin ketagihan.

BACA JUGA  Yuk, Kunjungi Tempat Wisata Kuliner Unik di Sumenep Ini!

2.      Soto Selingkuh

Kuliner soto khas yang kedua juga cocok sebagai menu sarapan meskipun memiliki nama yang unik dan tidak kalah dengan kuliner soto sabreng. Nama soto yang kedua adalah soto selingkuh, mendengar nama tersebut tentu bisa membuat orang tertawa sekaligus heran.

Namun jangan salah, meskipun namanya unik atau aneh tetapi rasa kuliner satu ini bisa membuat orang ketagihan. Soto selingkuh merupakan perpaduan dari rujak dengan soto yang sekilas mirip dengan kuliner rujak soto khas Banyuwangi.

populer sejak tahun 2000an, sajian soto ini berupa soto babat, sayuran ala rujak, dan tidak ketinggalan bumbu kacang yang lezat. Bahkan soto selingkuh juga menggunakan singkong rebus sebagai toping dan memakannya dengan lotong bukan nasi.

3.      Soto Campor

Ada banyak jenis soto yang menjadi kuliner khas dari Daerah Sumenep dan bisa menjadi menu sarapan yang lezat. Tidak heran jika para wisatawan akan betah saat berkunjung ke Sumenep karena bisa menikmati objek wisata sambil mencicipi kuliner yang khas.

Kuliner soto yang khas lainnya adalah soto campor yang memiliki tampilan tidak jauh berbeda dengan soto selingkuh. Pasalnya, soto campor merupakan campuran dari soto dengan rujak sehingga tergolong unik dan aneh tetapi menggiurkan..

Soto campor juga cocok masuk ke daftar menu sarapan sehingga menyegarkan sebelum memulai berwisata. Kuah soto satu ini menggunakan santan dan cabai sehingga berwarna kemerahan, serta terdapat topping singkong, suun, serta lontong.

Berwisata tidak akan lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah, bahkan ada beberapa cemila khas yang wajib menjadi buah tangan. Sekian rekomendasi kuliner soto Sumenep yang bisa menjadi menu sarapan saat berkunjung ke Sumenep.

BACA JUGA  Wisata Air Terjun Durbugan Terapi Untuk Menghilangkan Penat