Berburu Kuliner Hits di Surabaya, Bikin Nagih!

Diposting pada

Kuliner hits di Surabaya terkenal akan cita rasanya yang khas dan jarang ditemukan di daerah lain, walau dengan menu yang sama. Sebut saja lontong balap, pecel, sate, nasi goreng, nasi kuning, dan lain sebagainya.

Tidak hanya rasanya saja yang lezat dan bikin nagih, harganya pun relatif terjangkau. Tak salah jika banyak penikmat kuliner yang merasa sayang jika tidak mencicipi semua hidangan khas surabaya ketika bertandang di kota Pahlawan ini.

Mau tau makanan apa saja yang hits di Surabaya dan selalu dicari oleh wisatawan setiap kali berkunjung? Berikut rekomendasinya.

6 Kuliner Hits di Surabaya yang Rasanya Paling Juara

Menikmati wisata kuliner di kota Surabaya bisa dilakukan kapan saja, entah itu pagi, siang hari, atau bahkan malam hari. Sebagai kota terbesar yang kedua di Nusantara hal tersebut tentunya tidak mengherankan.

Aktivitas yang terus berlangsung hingga larut memunculkan berbagai macam kuliner malam yang bahkan tersedia hingga dini hari. Berikut berbagai macam jenis makanan yang hits di Surabaya dan kerap diburu oleh wisatawan.

Ice Cream Zangrandi

Ratna Kuliner hits di Surabaya 1 scaled

Kuliner hits di Surabaya yang pertama adalah restoran khusus es krim yaitu Ice Cream Zangrandi. Restoran yang satu ini memang khusus menyajikan aneka macam es krim.

Untuk masalah rasa yang ditawarkan oleh Ice Cream Zangrandi tak perlu diragukan lagi, begitu pula dengan varian menu yang bisa dinikmati. Misalnya, es krim berbagai rasa (coklat, strawberry, dan vanilla) atau es krim yang dicampur dengan berbagai topping yang lezat.

BACA JUGA  Bebek Palupi, Salah Satu Makanan Surabaya yang Legendaris

Nasi Goreng Jancuk

Ratna Kuliner hits di Surabaya 3 scaled

Mane nasi goreng memang sudah umum di semua tempat, namun berbeda dengan yang ada pada Nasi Goreng Jancuk.

Nama nasgor (nasi goreng) ini memang benar-benar khas Surabaya dan merupakan perwakilan dari rasa super pedasnya. Selain itu, porsinya pun lumayan besar sehingga bisa dinikmati untuk beberapa orang.

Untuk isiannya, sama seperti nasgor pada umumnya yaitu telur dan irisan daging ayam serta acar. Namun, pada Nasi Goreng Jancuk masih ditambah lagi dengan daging kepiting, potongan udang, dan sambal terasi plus kerupuk udang.

Lontong Balap, Kuliner Hits di Surabaya yang Tak Terkalahkan

 

Berada di kota Surabaya tentu tidak akan seru jika belum mencicipi lontong balap. Diantara sekian banyak penjual, lontong balap Pak Gendut lah yang kerap menjadi incaran para penikmat kuliner.

Makanan yang satu ini terdiri dari lontong, kuah tauge, tahu goreng, lentho, kecap, bawang goreng, petis, dan sambal. Akan bertambah nikmat jika memakan lontong balap dengan sate kerang dan es kelapa muda.

Nasi Kuning Avon

Ratna Kuliner hits di Surabaya 4 scaled

Kuliner hits di Surabaya yang cocok untuk sarapan adalah nasi kuning Avon. Penyajian kuliner yang satu ini cukup sederhana yaitu nasi kuning yang dipadukan dengan ikan tongkol, telur balado, serundeng, bakmi, dan sambal.

Pecel Semanggi

Ratna Kuliner hits di Surabaya 2 scaled
Selain nasi kuning, pecel juga sangat nikmat jika dipilih sebagai menu sarapan. Salah satu jenis pecel yang wajib dicoba adalah pecel semanggi.

Pecel ini disajikan di daun pisang dan terdiri dari tauge, daun semanggi, serta kangkung yang diberi bumbu khas berbahan dasar ketela lalu diberi kerupuk uli dan sambal.

Sate Klopo Ondomohen

Satu lagi kuliner di Surabaya yang hits dan tak pernah sepi pengunjung, yaitu sate klopo Ondomohen. Walau sekilas tak berbeda dengan sajian sate pada umumnya, namun cita rasanya sangat khas dan tidak mudah untuk ditiru.

BACA JUGA  Nikmatnya Sate Sampang Dan Gule Khas Pulau Madura

Varian sate yang bisa ditemukan di tempat kuliner yang satu ini adalah sate daging ayam, udang, daging sapi, usus, dan sumsum dengan irisan yang cukup besar dan diberi bumbu kelapa sangrai sehingga terasa gurih dan lezat.

Itulah keenam varian kuliner hits di Surabaya yang tak boleh Anda lewatkan ketika bertandang ke kota Pahlawan ini. Di antara keenam kuliner tersebut, manakah yang paling favorit dan telah Anda nikmati berulang kali tanpa bosan?