Berburu Kuliner di Surabaya: Menikmati Kuliner Khas Jawa Timur

Diposting pada

Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur, adalah surganya bagi para pecinta kuliner. Kota ini dikenal dengan kekayaan kuliner yang lezat dan beragam, yang mencerminkan keanekaragaman budaya Jawa Timur. Dalam artikel ini, kita akan menjelajah untuk berburu kuliner di Surabaya.

Perburuan kuliner kali ini akan mengungkapkan beberapa hidangan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Bagaimana, penasaran dengan apa saja makanan yang wajib dicoba saat ke Surabaya? Baiklah, berikut adalah pembahasannya.

Makanan Wajib saat Berburu Kuliner di Surabaya!

1. Rawon

rawon setan

Rawon adalah salah satu hidangan khas Surabaya yang paling terkenal. Dibuat dari daging sapi yang dimasak dalam kuah kental berwarna hitam pekat, yang diberikan oleh bumbu rempah seperti kluwek. Hidangan ini disajikan dengan nasi putih, tauge, dan kerupuk.

karena rasanya gurih, lezat, dan unik, maka kalian tak boleh melewatkan makanan ini saat berburu kuliner di surabaya. Warung-warung rawon yang terkenal di Surabaya, seperti Rawon Setan dan Rawon Kalkulator, adalah tempat yang tepat untuk menikmati hidangan ini.

2. Lontong Balap

lontong balap cakno

Lontong Balap adalah makanan ringan khas Surabaya yang terdiri dari lontong (ketupat) yang disajikan dengan tauge, lentho (kacang tanah goreng), tempe, tahu, dan irisan telur rebus. Semua bahan ini kemudian ditaburi dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Rasanya gurih, segar, dan nikmat. Warung Lontong Balap Cak No adalah salah satu tempat terkenal untuk mencicipi hidangan ini.

3. Rujak Cingur

rujak cingur joko dolog

Jangan sampai melupakan makanan yang satu ini saat berburu kuliner di surabaya. Rujak Cingur adalah hidangan yang terkenal di Jawa Timur, dan Surabaya merupakan tempat terbaik untuk mencobanya. Terdiri dari irisan mentimun, tahu, tempe, dan cingur (hidung sapi yang dimasak), ditambah dengan bumbu rujak khas seperti petis, gula merah, dan cabe.

BACA JUGA  Kue Tattabun Oleh-oleh Khas Bangkalan

Rujak Cingur memiliki kombinasi rasa yang unik antara manis, pedas, dan gurih. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi rujak cingur adalah Rujak Cingur Joko Dolog.

4. Sate Kelinci

sate kelinci cak mamek

Berburu kuliner di Surabaya akan lebih menarik jika kalian berani mencoba makanan yang satu ini. Sate Kelinci adalah hidangan khas Surabaya yang unik dan menarik. Daging kelinci yang lembut dan beraroma khas ditusuk dan dipanggang di atas bara api.

Dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap manis, sate kelinci ini memiliki rasa yang lezat dan berbeda. Beberapa warung terkenal di Surabaya yang menyajikan sate kelinci adalah Sate Kelinci cak mamek yang berada di Tambaksari.

5. Pecel Pincuk

Makanan terakhir pada ajang berburu kuliner di surabaya kali ini adalah pecel pincuk. Pecel Pincuk sendiri adalah hidangan nasi campur dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, tauge, bayam, dan mentimun yang dilumuri dengan sambal kacang yang pedas.

Hidangan ini sering disajikan dengan lalapan dan dilengkapi dengan ikan teri goreng. Rasanya segar, pedas, dan menggugah selera. Warung Pecel Pincuk Bu Pri adalah tempat yang populer untuk menikmati hidangan ini di Surabaya.

Sebenarnya masih banyak makanan yang bisa kalian coba saat berburu kuliner di surabaya seperti tahu campur, bakso Malang, and keripik tempe. Selain itu, jajanan tradisional seperti kue lapis Surabaya dan klepon juga patut dicoba. Baiklah, saya rasa sekian dulu untuk pembahasan kali ini, sekian dulu pembahasan yang bisa saya sampaikan, terimakasih.

BACA JUGA  Ragam Wisata Pantai Surabaya yang Patut Dikunjungi