Berbagai Makanan Khas Surabaya dengan Lontong Terpopuler

Diposting pada

Surabaya merupakan salah satu Kota di Jawa Timur yang memiliki ragam kuliner, misalnya lontong. Ternyata ada berbagai masakan khas Surabaya dengan lontong paling rekomendasi dan populer.

Lontong sendiri merupakan salah satu olahan dari beras, yang biasanya dikukus dengan menggunakan daun. Di Surabaya terdapat banyak olahan masakan yang berasal dari lontong. Ketika Anda pergi ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi masakan-masakan tersebut.

Berbagai Macam Masakan Khas Surabaya dengan Lontong

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ada beberapa masakan khas Surabaya dengan lontong paling rekomendasi:

Masakan Khas Surabaya dengan Lontong Salah Satunya Lontong Kikil

Sesuai dengan namanya, masakan ini memadu padankan lontong dan juga kikil atau kaki sapi. Kedua olahan tersebut disajikan dengan guyuran kuah yang kaya akan rempah.

Masakan khas Surabaya dengan lontong ini pun terkenal dengan kuahnya yang sedikit kental. Hal tersebut dikarenakan kikil atau kaki sapi mengandung kolagen yang akan mencair ketika dipanaskan.

Mengenai harganya pun, untuk lontong kikil ini lebih mahal dibandingkan dengan lontong lainnnya. Sebab harga dari kaki sapi itu sendiri pun mahal di pasaran.

Lontong Kupang Khas Surabaya

Masakan khas Surabaya dengan lontong berikutnya adalah Lontong Kupang. Kuliner satu ini berbahan utama kupang putih yang bertekstur lunak berukuran seperti biji beras. Satu porsi lontong ini terdiri dari lontong, kupang, lentho, dan guyuran kuah petis.

Jika Anda ingin menyantap lontong kupang, rasanya akan kurang rasanya jika tidak memakannya bersama sate kerang. Masyarakat setempat pun mempercayai jika makan lontong kupang sambil minum es kelapa muda, akan menghilangkan semua penyakit.

BACA JUGA  Wisata Pantai Surabaya, Cocok Untuk Pemburu Wisata Alam

Lontong Balap Khas Surabaya

Masakan khas Surabaya dengan lontong berikutnya ada Lontong Balap, yang tidak boleh kamu lewatkan ketika melancong ke Kota Pahlawan ini. Ternyata dibalik namanya, ada kisah atau sejarahnya loh.

Konon dahulu kala, para penjual akan berebut pembeli diperjalanan dan berjalan cepat-cepat menuju Pasar Wonokromo. Bermula dari penjual yang saling beradu cepat, sehingga menimbulkan kesan berpacu atau balapan diantara mereka.

Satu porsi masakan khas Surabaya dengan lontong ini terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, dan lentho. Uniknya lagi, di Surabaya lontong balap ini biasa disajikan bersama sate kerang.

Lontong Mie

Lontong mie sendiri merupakan hasil adaptasi dari lontong balap, yang membedakannya adalah menu tambahan mienya. Seperti namanya, lontong mie pun disajikan bersama dengan mie kuning dan kuah petis sebagai ciri khasnya.

Satu porsi masakan khas Surabaya dengan lontong ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng dan mie kuning. Salah satu tempat terkenal yang menyajikan masakan ini ada di Pasar Atom, dengan harga yang ramah dikantong.

Lontong Sayur dengan Cita Rasa Surabaya

Berbicara soal lontong sayur memang sudah tidak aneh lagi, sebab hampir disetiap daerah menjual masakan ini. Begitupun di Surabaya, banyak tempat menjual longong dengan kuah santan dan nangka muda ini.

Nama masakan khas Surabaya dengan lontong ini terkenal juga dengan sebutan lontong lodeh. Biasanya para penjual menambahkan telur, tahu dan lainnya dalam satu porsi lontong sayur.

Itu dia beberapa dari banyaknya masakan dengan lontong khas Surabaya yang dapat kami sebutkan. Hampir semua jenis masakan tersebut memiliki menu yang serupa, namun pembedanya terletak di kuahnya saja.

Jika Anda datang ke Kota Pahlawan ini dan mencari masakan khas Surabaya dengan Lontong, maka bisa mencoba makanan-makanan di atas.

BACA JUGA  Rawon Surabaya, Salah Satu Makanan Terenak yang Wajib Dicicipi