Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Surabaya

Diposting pada

Surabaya merupakan salah satu kota yang sering menjadi tempat tujuan untuk berlibur. Tentu saja ada banyak tempat wisata yang bisa ditemukan di sini. Bahkan, ada beberapa tempat wisata edukasi di Surabaya yang bisa Anda datangi bersama dengan buah hati.

Tentu saja ketika mendatangi tempat wisata edukasi tidak hanya berlibur saja, tapi juga bisa mendapatkan berbagai wawasan baru. Tentu saja anak-anak akan betah bila berlibur ke tempat edukasi. Terlebih akan ada banyak hal baru yang mereka temukan.

Beberapa Rekomendasi Wisata Edukasi di Surabaya

House of Sampoerna

9F92527F D919 4DA3 B65D 584AD05F0479

Pertama, Anda bisa memilih pergi ke House of Sampoerna. Di sini, anak-anak bisa mengenal sejarah kretek di Indonesia, khususnya yang ada di Surabaya. Sebenarnya, gedung ini awalnya digunakan untuk panti asuhan yang memang dikelola oleh Belanda. Namun, pada tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee dan dipergunakan sebagai fasilitas untuk memproduksi rokok besar pertama.

Gedung satu ini terdiri dari beberapa bangunan, yaitu bangunan utama dan bangunan tambahan yang berada di sisi kanan dan kiri bangunan utama. Tempat wisata edukasi di Surabaya ini memiliki bangunan utama yang terdiri atas 2 lantai. Pada lantai pertama terdapat foto-foto mengenai miniatur toko klontong, pendiri Sampoerna, koleksi korek api sejak zaman dulu, dan masih banyak foto lainnya.

Sementara itu, untuk di lantai 2 terdapat galeri yang menjual berbagai oleh-oleh khas Surabaya dan ada pula kegiatan pembuatan rokok kretek. Hanya saja di sini, para pengunjung tidak diperkenankan untuk mengambil gambar atau video.

Kebun Binatang Surabaya

91BF0243 019E 463B 899D 10CB98466449

Kebun binatang juga masuk ke dalam tempat wisata edukasi yang wajib dikunjungi. Di sini tentunya Anda dan buah hati bisa melihat ratusan jenis hewan. Detailnya di sini terdapat 211 spesies dengan lebih dari 2.236 jenis binatang. Menariknya lagi selain bisa melihat berbagai hewan, Anda juga akan mendapatkan edukasi dan hiburan melalui pemandu.

BACA JUGA  Informasi Air Terjun Batu Raja Manitan

Tempat wisata edukasi di Surabaya ini sangatlah terjangkau. Hanya dengan Rp. 15.000 saja Anda bisa masuk dan melihat berbagai satwa. Anda juga bisa memberi makan jerapah dan berpiknik di area taman. Menariknya lagi ada paket edukasi yang harganya terjangkau, yaitu mulai dati Rp. 40.000 – Rp. 90.000.

Kebun Bibit Wonorejo

Kalau tempat wisata yang satu ini sangatlah cocok untuk Anda yang menyukai kebun. Di sini, Anda akan dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman dan bagaimana cara untuk membudidayakannya. Sebelum dijadikan sebagai kebun, tempat yang berlokasi di jl. Raya Wonorejo, Rungkut, Surabaya ini merupakan tempat pembuangan sampah.

AFB1FADC 7BDB 4E52 B74A 05A7215B1A3A

Namun, pemerintah kota pun terus berusaha untuk bisa mengembangkan tempat ini sebagai tempat pembibitan dan budidaya berbagai tanaman. Menariknya, bibit yang dikembangkan di tempat ini akan didistribusikan untuk kebutuhan taman dan penghijauan di Surabaya. Sangat menarik, bukan?

Hutan Kota Balas Klumprik

Tempat wisata edukasi di Surabaya yang terakhir ialah hutan kota balas klumprik. Hutan yang berlokasi di Jl. Balas Klumprik ini merupakan bagian dari Ruang Hijau Terbuka. Luasnya sendiri mencapai 4,5 hektare. Di sini, Anda bisa mengenal berbagai jenis tanaman yang jumlahnya mencapai 6 ribu jenis.

E1C81589 D583 4A87 AA8A 58FAAC27AC35

Meskipun begitu, tanaman yang mendominasi ialah tanaman buah, mulai dari kelenkeng, kedondong, srikaya, mangga, sampai dengan jambu. Selain itu, ada juga kolam yang digunakan untuk keperluan budidaya nila, mujaer, lele, dan bandeng.

Nah itulah berbagai tempat wisata edukasi di Surabaya yang sayang sekali jika tidak dikunjungi.