Beberapa Jenis Sate Khas Surabaya yang Bisa Anda Cicipi

Diposting pada

2. Jenis sate khas surabayaAda banyak sekali makanan khas dari satu kota yang memang sangat menggugah selera dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satunya ialah sate yang memiliki cita rasa khas tergantung pada jenisnya. Menariknya, ada beberapa jenis sate khas Surabaya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Sate sendiri biasa dijadikan sebagai pilihan makanan yang terbilang mudah untuk ditemukan. Sebab memang tersebar di mana-mana. Selain memakai sambal kacang, ada beberapa sate yang memiliki ciri khas lain dengan tambahan sambal berbeda. Nah ini ada beberapa jenis sate yang khas dari Surabaya.

 

Beberapa Jenis Sate Khas Surabaya yang Sayang Untuk Dilewatkan

Sate Klopo

2. Jenis sate khas surabaya

Pertama ada sate klopo yang memang tidak banyak yang tau. Sate ini menjadi ikon dari kota Surabaya karena memang sangat legendaris. Untuk bentuknya sendiri sebenarnya sama saja dengan sate pada umumnya. Hanya saja yang menjadi daya tariknya ialah penamaan satenya.

Klopo sendiri merupakan kata yang berasal dari Surabaya. Untuk artinya ialah kelapa. Jadi, jenis sate khas Surabaya ini memiliki bahan utama daging sapi yang sudah dilumuri parutan kelapa berbumbu. Dengan begitu, sate memiliki aroma wangi dan gurih yang berbedan

Selain itu, penambahan parutan kelapa pun bisa membuat sate menjadi tidak mudah gosong. Menariknya lagi untuk penyajiannya berbeda dengan sate pada umumnya. Sate klopo akan disajikan dengan saus kacang yang nantinya diberi kelapa parut di atasnya.

Jika Anda ingin mencoba jenis sate satu ini, maka ada salah satu warung sate klopo legendaris yang bisa dikunjungi. Warung yang dimaksud ialah Sate Klopo Ondomohen. Warung yang sudah ada sejak tahun 1945 ini menyajikan sate klopo yang cita rasanya tidak pernah berubah.

BACA JUGA  Mengenal Kuliner Bebek Songkem Sampang

Sate Lisidu

2. Jenis sate khas surabaya 1 1

Jenis sate khas Surabaya yang selanjutnya ialah sate lisidu. Sate yang dicetuskan oleh Alm. Bapak Istianto ini sudah ada sejak tahun 1997. Penamaan dari sate ini terbilang unik, karena berasal dari plat mobil kijang milik keluarga yang bertuliskan L 1551 DU.

Sate ini memang sangat melegenda dan beberapa kali sempat menjadi hidangan kepresidenan pada acara HUT proklamasi kemerdekaan. Selain memang karena rasanya yang nikmat, sate ini pun memiliki cara memasak yang unik. Di mana, sate yang berasal dari potongan daging ayam ini akan dimasak terlebih dahulu dengan tujuan supaya bumbunya meresap sampai ke dalam.

Setelahnya, baru dibakar. Nah, biasanya sate lisidu sendiri akan disajikan dengan bumbu istimewa yang berasal dari olahan kacang Tuban. Untuk bisa menikmati sate lisidu sendiri, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar. Sebab, hanya dengan Rp. 35.000 saja sudah bisa menikmati sate ini.

Sate Karak

2. Jenis sate khas surabaya 1 2

Jenis sate khas Surabaya terakhir ialah sate karak. Sate ini memiliki bahan utama yang berbeda dengan sate lainnya. Di mana, sate karak terbuat dari jeroan sapi dan lemak. Penyajiannya pun terbilang unik, sebab tidak disajikan dengan lontong atau nasi putih.

Sate karak sendiri biasa disajikan dengan ketan hitam dan parutan kelapa. Salah satu warung sate karak yang sudah lama ada ialah warung Bu Elis. Warung satu ini berada di kawasan Sunan Ampel. Resep sate karak yang dijual di sini merupakan resep turun temurun. Sehingga, rasanya masih terjaga.

Demikianlah beberapa jenis sate khas Surabaya yang bisa menjadi pilihan. Berbagai jenis sate di atas sudah pasti memiliki rasa yang berbeda.

BACA JUGA  Rasa Super Hot, Nasi Goreng Jancuk Jadi Buruan Penggila Pedas