Apen , Kuliner Sumenep Terkenal dan Legendaris

Diposting pada

Sumenep bukan hanya disebut sebagai sebuah kota wisata tetapi juga menjadikannya sebuah pusat kuliner loh guys. Daerah ini mempunyai berbagai jenis makanan dan juga jajanan yang menggugah selerah para penikmat kuliner. Salah satunya nih jajanan apen, kuliner Sumenep terkenal dan juga legendaris pada zaman ini nih. Bahkan jajanan apen ini tetap eksis loh pada zaman ini yang memiliki banyak penikmat.

Cara Pembuatan Yang Sederhana

Kamu akan meihat ada banak sekali pedagang apen yang akan kamu temui ketika berada di Sumenep. Bahan-bahan untuk membuat apen cukup sedehana dengan bahan dasarnya hanya tepung beras, santan dan gula merah. Tepung beras untuk membuat apen sedangkan untuk santan dan gula merahnya ini sebagai kuahnya loh guys.

Bentuk dari kue apen ini hampir mirip dengan kue serabi sebagai kuliner Sumenep terkenal. Namun yang membedakan nih serabi berbahan dasar tepung terigu dicampur dengan parutan kelapa, sedangkan untuk apen hanya berbahan tepung beras. Saat ini ada banyak varian rasa apen yang bisa kamu coba.

Walaupun terkesan sederhana nih, namun ada juga kesulitan ketika membuat apen ini yakni adalah kamu harus bisa membuat kue tersebut lembut dan juga benar-benar matang loh. Karena nih ada juga kue apen buatan orang yang hasilnya keras dan ada pula yang lembut namun kurang matang. Oleh karena itu guys dibutuhkan trik khusus agar kualitas dari apen ini ideal.

Bahan Yang Mudah Di Temukan

Kue apen kuliner Sumenep terkenal adalah kue yang bahannya mudah ditemukan seperti tepung beras, ragi, instant, garam dan santan cair. Sementara itu nih untuk toppingnya sendiri kamu hanya perlu menambahkan ketika adonan apen telah matag, seperti halnya dengan apen telur dan lain-lain.

BACA JUGA  4 Rekomendasi Kuliner Surabaya Pagi Hari Patut Dicoba

Selain itu nih untuk bahan dasar dari kuanya sendiri kamu bisa menggunakan santan cair, gula merah, daun pandan dan garam dapur. Walaupun hanya terdiri dari bahan-bahan yang mudah kamu temukan di pasar, namun untuk cara pembuatannya kamu harus bisa teliti. Sebab jika yang membuat kue apen ini bukan yang aslinya akan gagal dan tidak memberikan kesan yang baik dari hasil kue apen itu.

Bahan dasar apen kuliner Sumenep terkenal yakni tepung beras kamu bisa menggunakan buatan sendiri atau membelinya di warung-warung atau pasar nih guys. Memilih menggunakan beras super untuk di giling dan dijadikan sebagai tepung itu bisa saja. Nah beras yang sudah menjadi tepung itu tidak bisa dijadikan adonan tetapi tepung beras tersebut masih harus kamu diamkan selama 24 jam baru kemudian bisa digunakan.

Penyajian Kue Apen

Untuk cara penyajian kue apen cukup sederhana loh, jadi nih kue apen yang telah matang akan di taruh di atas piring kemudian di sirami dengan saus atau kuah yang telah di olah tadi. Selain dari rasanya yang membuat ketagihan ternyata harganya juga ramah di kantong. Biasanya nih untuk kamu para pecinta apen yang mengunjungi warung-warung di Parsanga pada pagi hari dan siang ketika jam istirahat kerja.

Kue apen sebagai salah satu jajanan kekinian yang ternyata memang sangat menggoda ini dan variasi berbagai bentuk rasa dan warna di tambah dengan iklan-iklan yang terkadang muncul di media sosial terkati kue ini cukup menggiurkan ya guys.

Demikian nih pembahasan artikel ini terkait dengan  apen , kuliner sumenep terkenal dan legendaris dan semoga membantu.

BACA JUGA  Kepiting Cak Gundul 1992, Tempat Makan Seafood Paling Populer dan Terbaik