2 Jalur Untuk Menikmati Pesona Waduk Nipah Khas Sampang

Diposting pada

Bagi sebagian orang berwisata merupakan hal yang penting. Sehingga harus mempersiapkan segala hal, termasuk menentukan wisata yang akan dikunjungi. Jika Anda menginginkan tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang hijau namun dekat dengan air, maka Anda bisa mendatangi Waduk Nipah yang ada di Kabupaten Sampang.

Waduk terbesar yang ada di Kabupaten Sampang ini sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di tahun 2016 lalu. Selain bisa melihat gemericik air di Waduk tersebu,t Anda juga akan dikagetkan dengan pemandangan alam yang sangat memukau disekitar waduk.

Pesona dari Waduk Nipah

Bukan hanya menjadi irigasi lahan, Waduk Nipah juga menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat Sampang karena menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis. Waduk yang memiliki luas hingga 1150 hektar ini dikelilingi oleh pepohonan yang sangat subur dan hijau serta rindang.

Anda juga akan merasakan nuansa pedesaan dengan udara yang sangat bersih dan mampu membuat Anda sedikit lebih tenang. Adapun juga bisa melihat kera-kera yang menjadi penghuni waduk dan dipastikan hewan tersebut tidak akan melukai para pengunjung, asalkan Anda tidak berbuat usil.

Lokasi dan Jalur Menuju Waduk Nipah

Waduk yang bisa mengairi sekitar 1150 hektar lahan pertanian ini berada di Desa Montor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Untuk bisa sampai ke lokasi Waduk  ini, setidaknya terdapat dua jalur yang bisa Anda ikuti. Adapun jalur yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Jalur Barat

Untuk yang berasal dari arah barat khususnya dari wilayah Surabaya dan Bangkalan, Anda bisa mengikuti jalur ini. Apabila berasal dari arah Surabaya, Anda bisa langsung melewati jalur Pantura Madura dan melewati Jembatan Suramadu.

BACA JUGA  Hutan Kera Nepa, Objek Wisata Legendaris di Sampang Madura

Selain itu, Anda bisa juga menaiki kapal dari pelabuhan Ujung Perak Surabaya menuju pelabuhan Kamal yang ada di Bangkalan. Melewati Suramadu ataupun menggunakan kapal untuk bisa ke Waduk Nipah, nantinya Anda akan sampai di Kota Bangkalan.

Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju arah Kecamatan Arosbaya di Bangkalan. Lalu Anda bisa mengikuti jalur jalan raya menuju Kecamatan Banyuates dengan cara mengikuti jalur utama Jalan Pantura Madura.

Nantinya, Anda akan sampai di pertigaan Kecamatan Banyuates. Selanjutnya Anda bisa langsung mendatangi lokasi Waduk yang ada di Sampang ini dan menikmati keindahan alamnya.

Jalur Timur

Untuk jalur timur dikhususkan bagi masyarakat yang ingin mengunjungi wisata Waduk  ini yang berasal dari daerah Timur Sampang khususnya seperti wilayah Pamekasan maupun Sumenep Anda bisa langsung memilih jalur utama Madura maupun jalur Pantura.

Kedua jalur ini nantinya akan membawa Anda ke pertigaan Kecamatan Banyuates tempat Waduk ini berada. Dari pertigaan tersebut Anda bisa langsung masuk ke Desa Montor dan menuju wisata Waduk yang ingin Anda kunjungi.

Keuntungan Berwisata Ke Waduk Nipah

Meskipun perjalanan menuju Waduk Nipah membutuhkan waktu yang cukup lama, namun Anda akan mendapatkan banyak keuntungan ketika berwisata ke tempat ini. Anda bisa menikmati keindahan waduk ini serta pesona alam di sekitarnya dan bisa melihat kera secara langsung.

Selain itu, Anda pun juga bisa menyempatkan diri untuk mendatangi tempat wisata lain yang berada tidak jauh dari lokasi Waduk ini berada. Salah satu wisata yang bisa anda kunjungi yang berada tidak jauh dari Waduk ini yaitu wisata hutan Nepa yang hanya berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Waduk ini.

BACA JUGA  Simak Wisata Alam Menakjubkan Pantai Camplong Di Sampang Jawa Timur

Itulah tadi beberapa informasi seputar Waduk Nipah yang ada di Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Untuk bisa ke lokasi wisata ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil. Mengingat bahwa tidak ada kendaraan umum seperti angkot yang bisa mengantarkan Anda ke tempat ini.